Surprising Nantes

/
0 Comments
Masih ingat dengan band Beirut? Mereka adalah sebuah band indie dengan lagu andalannya berjudul Nantes. Jadi pada tahun 2012 silam, saya berkesempatan untuk melakukan exchange di Poitiers, Prancis. Kebetulan host dan teman teman exchange saya berencana untuk pergi ke La Rochelle, sebuah kota pantai yang hanya beberapa jam dari Poitiers. Saya dan Mira, teman exchange saya pun segera mencari di peta di mana La Rochelle itu, dan ternyata tidak jauh dari La Rochelle ada sebuah kota bernama Nantes. Kami segera teringat dengan lagu Beirut tersebut. Tanpa persiapan, kami segera membooking covoiturage

Covoiturage adalah sebuah website yang cukup terkenal di Prancis, kita bisa pergi ke luar kota dengan cara ikut mobil orang lain hanya dengan bayaran patungan bensin saja. Akhirnya kami mencari mobil yang akan berangkat dari Poitiers ke Nantes, untuk mengakses website ini perlu bantuan host kami karena semuanya dalam bahasa Prancis.

Kami pun dapat mobil yang akan pergi ke Nantes! Tanpa research apa apa sebelumnya akhirnya kami memberanikan diri ke kota tersebut dan kami punya waktu kurang dari 24 jam sebelum berangkat ke La Rochelle. Senangnya lagi, pemilik mobil fasih dalam berbahasa Inggris.


 Le voyage à nantes

Kebetulan kami sampai di Nantes sudah cukup malam. Kami memutuskan untuk berjalan jalan mengelilingi Nantes karena di langit tampak banyak cahaya warna warni, kami segera mencari sumber cahaya itu.





Ternyata sedang ada party di dalam kastil! Tepatnya di Château des ducs de Bretagne. Ada berbagai macam band Prancis yang tidak pernah kami dengar sebelumnya. Tapi musik yang mereka mainkan sangat ear catchy, ditambah orang orang berdansa, makan dan minum, serta banyak lampu di mana mana yang membuat meriah kastil itu. Ternyata ini adalah bagian dari rangkaian acara Le voyage à nantes, acara turisme yang dibuat oleh pemerintah Nantes.

Nobody raise your voices. Just another night in Nantes
- Beirut, Nantes 


Les Machines de L'ile Nantes


sumber
Esok paginya kami berniat ke Les Machines de L'ile Nantes atau Machines of the Isle of Nantes. Dari poster poster yang tersebar di seluruh kota, tempat ini seperti taman hiburan tapi dengan desain ala Da Vinci steam machine. Dan hasil bertanya tanya ke pusat informasi turis, ini atraksi yang wajib didatangi di Nantes.






Untuk ke sana, kita harus menyeberangi jembatan yang cukup panjang dari Nantes. Dan benar saja, tempat tersebut didesain dengan mesin mesin yang artistik. Ada dua permainan waktu itu, yang pertama The Great Elephant, di mana kita menaiki robot berbentuk gajah yang sangat besar mengelilingi tempat ini. Dan yang kedua adalah The Marine Worlds Carousel, sejenis carousel tapi bukan kuda yang kita bisa naiki, tapi monster monster laut yang terbuat dari mesin sebesar tiga tingkat.

Kami akhirnya mencoba carrouselnya dengan harga 8 Euro, sudah termasuk bonus bisa masuk ke workshop di mana kita bisa melihat proses pembuatan tempat ini. Kagum banget melihat semuanya!


Passage Pommeraye

Salah satu hobi saya selama kuliah di Yogyakarta adalah nonton film Prancis di Institut Français d'Indonésie atau yang dulunya dikenal dengan Lembaga Indonesia Prancis. Sebelum exchange saya sempat nonton sebuah film berjudul Lola yang bercerita tentang penari kabaret yang bertemu dengan teman remajanya. Endingnya sudah bisa ditebak, tapi yang buat saya jatuh cinta dengan film ini adalah lokasi pengambilan gambarnya yang sebagian besar diambil di sebuah lorong perbelanjaan yang antik.

Singkat kata ketika saya dan Mira lagi sibuk berjalan jalan dari satu toko ke toko lainnya, kami nggak sengaja ketemu tempat ini! So unexpected, saya nggak nyangka ternyata Lola bertempat di jantung kota Nantes.




Kami juga berkunjung ke sebuah pattiserie yang sangat besar bernama Pain de Sucre Pattiserie dan mencoba macarons Prancis untuk pertama kalinya. Rasanya enak banget. Crispy on the outside, creamy on the inside!



Saya jatuh cinta dengan kota ini, karena banyak hal yang didapatkan dalam waktu 24 jam kami di sana. Dibandingkan dengan kota lain di Prancis yang kami kunjungi, Nantes adalah kota yang paling artsy. Dari segi orang orangnya, maupun kotanya. Setiap beberapa meter apabila kita berjalan di pusat kota Nantes akan melihat instalasi seni kontemporer yang dipasang. Bahkan pada malam hari kanal di kota Nantes dipasang video yang diproyeksikan ke airnya sehingga orang orang bisa menontonnya dari atas. Mungkin karena inilah Beirut membuat lagu mengenai kota ini. Just another night in Nantes.


You may also like

No comments: